Agenda Kegiatan Hari Pangan Sedunia Boyolali 2016

Teknologi Pangan Undip ambil bagian | 10/25/2016

Program Studi Teknologi Pangan FPP Undip telah berkoordinasi untuk ikut serta untuk menyemarakkan Hari Pangan Sedunia (di Boyolali yang dimulai dari tanggal 28 Oktober 2016 sampai 30 Oktober 2016.

Produk Teknologi Pangan yang akan dipamerkan dalam kegiatan ini adalah:

  • Yogurt
  • Kefir
  • Bakso Amah Sehat Utuh dan Halal (ASUH)
  • Itik bakar oven vakum
  • Jurnal penelitian: Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan (JATP) dan Journal of Applied Food Technology

Kegiatan ini akan didukung oleh dua laboratorium di Teknologi Pangan Undip: Laboratorium Kimia dan Gizi Pangan serta Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian.

Koordinator harian di lokasi pameran yang berlangsung di halaman Setda Boyolali ini adalah Astrid Agustina Nur Amanah. 

Dosen-dosen dari Teknologi Pangan juga ikut hadir untuk menerima konsultasi di bidang pangan baik dalam bidang usaha maupun dalam bidang pendidikan teknologi pangan di Indonesia.

Berikut ini adalah jadual kegiatan secara detail pada rangkaian acara Hari Pangan Sedunia 2016.

28 Oktober 2016
Pameran dan Gelar Teknologi Pertanian (Jl. Jend. Soedirman)
Diplomatic Tour ke Kampung Udang (Cepokosawit, Sawit, Boyolali)
Bazar UMKM  (Halaman Setda Kab Boyolali) => kami ada disini
Kampung Kuliner (Halaman Gedung DPRD Boyolali)

29 Oktober 2016
Pameran dan Gelar Teknologi Pertanian (Jl Jend Soedirman)
Bazar UMKM (Halaman Setda Kab Boyolali) => kami ada disini
Kampung Kuliner
Panen Raya Padi (Trayu, Banyudono)
Lomba Cipta Menu (LCM) (Boulevard Soekarno)
Panen Jagung 
Panen Buah dan Gelar Ternak (Jl. Jend Soedirman)
Festival Sego Sawit (Alun-alun)

30 Oktober 2016
Pameran dan Gelar Teknologi Pertanian
Bazar UMKM => kami ada disini
Kampung Kuliner
Jalan Sehat (Depan Kantor Bupati)
Pemecahan Rekor MURI: 15.000 orang makan jagung rebus
Festival Jagung Terbesar
Lomba Menggambar Pelajar SD dan SMP


Wisudawan kedua TP Undip: Selamat!

10/24/2016

Program studi Teknologi Pangan Fakultas Peternakan Pertanian Universitas Diponegoro telah meluluskan 40 mahasiswa yang pada tanggal 25 Oktober 2016 melangsungkan acara wisuda universitas secara resmi. Mahasiswa yang lulus ini adalah mahasiswa yang masuk pada tahun 2012 dan telah berhasil menempuh pendidikan serta pengalaman magang di perusahaan pangan terkemuka. Lulusan ini telah siap untuk bekerja di semua lini perusahaan pangan di Indonesia.

Bekal selama studi merupakan hal yang paling bermanfaat untuk mahasiswa sehingga program berkualitas selalu ditawarkan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Selama ini Program Studi Teknologi Pangan telah melakukan kerjasama intensif di bidang akademik diantaranya dengan universitasi di dalam maupun di luar negeri.


Pembekalan Calon Wisudawan periode ke 144

10/11/2016

Mengundang seluruh calon wisudawan periode ke 144 /Oktober 2016 untuk wajib datang pada   pada :

Hari/Tanggal      : Selasa, 11 Oktober 2016

Tempat                : AULA FPP Undip (konfirmasi)

Waktu                  : 08.00 - 09.00

Acara                   : Pembekalan Calon Wisudawan FPP

Narasumber         : HRD Wonokoyo Surabaya

setelah pembekalan akan dilaksanakan rekrutmen dari Wonokoyo, informasi silhkan dibaca di pengumuman web ini atau di papan pengumuman lowongan kerja di Gedung F FPP


PS S1 Teknologi Pangan UNDIP Meraih Akreditasi

Akreditasi BAN-PT adalah "B" | 2/11/2016

Dengan senang hati kami menginformasikan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 bertanggal 29 Desember 2015, Program Studi S-1 Teknologi Pangan di Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dinyatakan telah meraih status Akreditasi dengan peringkat B.

Oleh karenaya, kami mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung tercapainya preingkat akreditasi ini.

Download sertifikat akreditasi TP FPP Undip disini.


TP UNDIP Sosialisasikan Prinsip Penyiapan Pangan "Aman Sehat Utuh & Halal (ASUH)"

6/17/2014

Semarang.teknologipangan.undip.ac.id 

Dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis Emas Fakultas Peternakan & Pertanian serta Dies Natalis ke-2 Program Studi S1 Teknologi Pangan, sebuah kegiatan sosialisasi penyiapan pangan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) akan dilakukan pada para pengusaha jajanan di seputar kampus UNDIP di Tembalang.

Kegiatan akan dilakukan pada Hari Senin, 23 Juni 2014 mulai pukul 9:00 sampai dengan pukul 15:00 WIB di Ruang Serba Guna Gedung F lantai 2 kampus FPP UNDIP Tembalang.

Produsen dan pedagang jajanan dan makanan sebanyak 40 unit akan diundang di kampus FPP untuk diberi penjelasan tentang prinsip penyiapan makanan yang ASUH oleh para narasumber yang kompeten dari PS Teknologi Pangan: Dr. Bambang Dwiloka, Dr. Nurwantoro, dan Bhakti Etza Setiani, M.Sc. Penjelasan akan disertai dengan demo penanganan pangan yang ASUH, meliputi aspek: bahan, peralatan, pakaian, dan kondisi lingkungan kerja yang baik untuk penyiapan makanan ASUH. Kegiatan ini didukung oleh PT. Sidomuncul, PT. Sinar Sosro, PT. Sriboga Ratu Raya, serta CV. Cita Nasional.


JURNAL INTERNASIONAL KINI MAKIN DEKAT DENGAN TEKNOLOGI PANGAN UNDIP

Ada promo free of charge | 5/29/2014

Guna mempublikasikan hasil penelitian pangan yang bermutu secara lebih luas lagi di dunia internasional, Indonesian Food Technologist Community bekerjasama dengan Program Studi Teknologi Pangan membuat suatu wadah jurnal internasional dengan nama Journal of Applied Food Technology (ISSN 2555-9152). 

Scientific editor jurnal ini berasal dari beberapa negara yaitu: Jepang, Thailand, Turki, dan Malaysia. Tim editor memberikan kesempatan kepada para peneliti untuk dapat mempublikasikan karya ilmiahnya dalam bahasa inggris. Artikel yang masuk hingga tanggal 20 Juni 2014 tidak dikenai biaya publikasi. Silakan submit manuscript melalui online submission system di official website: www.j-aft.com 


LOMBA KARYA TULIS HARI KONSUMEN UNTUK MAHASISWA 2014

4/9/2014

Sebagai upaya mensosialisaikan upaya perlindungan dan mengedukasi hak-hak konsumen, Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan kembali menggelar serangkaian kegiatan yang menekankan pada penyebarluasan informasi tentang hak konsumen. Kegiatan ini merupakan bagian dari Hari Konsumen Nasional yang diperingati setiap tahun di bulan April.

Rangkaian kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diselenggarakan antara lain berupa lomba karya tulis bagi media dan pelajar serta mahasiswa. Dengan demikian, diharapkan kesadaran akan hak konsumen dapat diberitakan dan dipahami dengan baik.

Tema yang diangkat untuk lomba karya tulis pelajar SMU dan Mahasiswa: “Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri”.

Untuk Mahasiswa

Lomba ini terbuka untuk pelajar SMU dan Mahasiswa. Setiap peserta dibebaskan membuat sebuah karya tulis yang berkaitan dengan tema lomba. Info lengkap: DISINI. Deadline: 15 April 2014.